Madiun, 6 Mei 2021.  Pada akhir penghujung bulan suci Ramadhan 1442 H, MTsN Kota Madiun masih melakukan berbagai macam program kegiatan Syiar Ramadhan.  Salah satu program Syiar Ramadhan 1442 H yang diselenggarakan MTsN Kota Madiun  pada hari ini Kamis 6 Mei 2021 yaitu Ulama-Umaro’ Mengajar jilid II melalui zoom meeting secara live. Program ini menghadirkan ulama terkenal di Kota Madiun yakni ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun, Muhammad Sutoyo. Program Ulama Umaro’ kali ini mengambil tema “Kiat Belajar Sukses Dunia Akhirat.” Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan/ karyawati,  seluruh peserta didik  MTsN Kota Madiun kelas 7, 8, dan 9 serta wali peserta didik.

Pada kegiatan ini pokok bahasan yang disampaikan Muhammad Sutoyo yaitu, (1)  pengertian sukses dunia dan akhirat, (2) yang harus dipersiapkan untuk menggapai sukses di dunia dan akhirat, (3) kunci sukses dunia dan akhirat, (4) keharusan orang Islam sukses dunia dan akhirat, (5) cara menuju sukses dunia dan akhirat. Lebih lanjut beliau mengatakan kesuksesan jangan hanya dilihat dari hasil akhirnya saja tetapi lihat juga prosesnya. Kata-kata bijak atau kalimat Ihsan yang diajarkan Muhammad Sutoyo kepada para siswa adalah “Saya dilihat Allah, saya didengar Allah, dan saya bersama Allah.” Dengan menerapkan kalimat Ihsan ini harapannya dalan bertindak selalu jujur, hati-hati dan ikhlas dalam beribadah, dan  meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT. Semua peserta zoom meeting sangat senang dan penuh perhatian mendengarkan penjelasan dari tokoh terkemuka yang kharisamtik di kota Madiun ini.

Pada akhir zoom meeting Kepala MTsN Kota Madiun, Bambang Wiyono berpesan kepada para peserta didik untuk selalu menerapkan kalimat Ihsan yang disampaikan Ketua MUI Kota Madiun dalam kehidupan sehari-hari untuk pengembangan karakter peserta didik.  Kesuksesan seseorang tidak hanya dilihat dari nilai saja tetapi harus punya karakter yang bagus, mampu beradaptasi dengan lingkungan, memiliki kepekaan sosial yang tinggi.(ers)