Berdasarkan riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda bahwa sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dilakukan di bulan Ramadhan.  “Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan,” (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan meneladani ketauladanan Rasulullah SAW, MTsN Kota Madiun Kembali melaksanakan kegiatan Syiar Ramadhan dengan program MTsN berbagi. Program ini diikuti oleh seluruh keluarga besar  MTsN Kota Madiun tanpa kecuali siswa dan wali murid. Dengan sangat antusias segenap keluarga besar MTsN Kota Madiun Bersama wali murid ikut serta menyisihkan sebagian rezekinya untuk mensukseskan kegiatan ini. Baik berupa Sembilan bahan pokok (sembako) maupun berupa uang tunai.

“Wali murid juga sangat mendukung acara ini bahkan terkumpul uang tunai lebih dari 10 juta rupiah dan beberapa paket sembako. Dana dan sembako yang terkumpul kita bagi menjadi kurang lebih 156 paket sembako dan kita bagikan kepada siswa siswi MTsN Kota Madiun yang masuk kategori berasal dari keluarga yang kurang mampu dan juga untuk masyarakat sekitar” Ungkap Dawam Daroini sebagai ketua panitia kegiatan.

Karena dilaksanakan masih dalam suasana pandemi, maka kegiatan pembagian paket sembako ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan sehingga acara dilakukkan selama 3 hari untuk menghindari adanya kerumunan dengan rincian hari Jumat dan Sabtu 7 – 8 Mei 2021 untuk siswa siswi MTsN yg kurang mampu dan pada hari senin 10 Mei 2021 untuk masyarakat sekitar.

“Harapannya dari program MTsN berbagi ini adalah bagaimana memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa maupun guru pegawai untuk lebih meningkatkan rasa syukur atas nikmat Allah berupa rejeki dan bisa memberikan manfaat kepada orang lain yang kurang mampu sehingga bisa diterapkan dan ditingkatkan dalam kehidupan sehari-hari” Ungkap Bambang Wiyono, S.Ag, M.Pd.I sebagai kepala MTsN Kota Madiun. (Endra/MatskotAE)