Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan dimana kaum muslimin berlomba-lomba mencari keberkahan dan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Umat Muslim meyakini bahwa pahala ibadah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, hal ini sesuai dengan hadits 
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)
Salah satu ibadah yang selalu ditunaikan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an.

Dalam rangka untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk segenap keluarga besar MTsN Kota Madiun, MTsN Kota Madiun mengadakan Program 100 Kali Khatam Al-Qur’an. Acara ini diikuti oleh segenap keluarga besar MTsN Kota Madiun mulai bapak ibu guru hingga seluruh siswa-siswi MTsN Kota Madiun. 
Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 April sampai dengan 8 Mei tahun 2021. Secara tehnis kegiatan ini dilaksanakan dengan membagi bapak ibu guru pegawai dan seluruh siswa menjadi beberapa kelompok untuk membaca 1 Juz selama 4 hari sekali sehingga diperkirakan selama program berlangsung tercapai 100 kali khatam Al-Qur’an.
“Tujuan dari program ini adalah bagaimana memberikan motivasi dan dorongan kepada seluruh siswa dan bapak ibu guru pegawai untuk lebih mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia di dunia dan di akherat, sehingga diharapkan setelah kegiatan ini budaya membaca Al-Qur’an selalu mandarah daging kepada para siswa dan bapak ibu guru pegawai sehingga tidak ada hari tanpa membaca Al-Quran dalam hidupnya” ungkap Bambang Wiyono, S.Ag, M.Pd.I selaku kepala MTsN Kota Madiun. (endra/MatskotAE)