MTsN Kota Madiun, Persiapan kegiatan belajar pada semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang makin meningkat  dan dalam penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat.  Sebagai langkah awal persiapan pembelajaran, MTsN Kota Madiun melakukan Webinar Pelatihan Pembelajaran Daring berbasis WA bekerjasama dengan  Penerbit  Erlangga yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 dan  diikuti oleh seluruh pengajar MTsN Kota Madiun.  Pemandu acara kegiatan Webinar adalah Arief Hidayat, adapun susunan acara adalah sebagai berikut: (1)Pembukaan, (2)Sambutan Kepala Madrasah, (3)Sambutan Pimpinan cabang Madiun CV Erlangga, (4)Paparan Materi Pelatihan Pembelajaran Berbasis WhatsApp (WA), (4) penutup.

Kepala MTsN Kota Madiun, Bambang Wiyono dalam inti sambutan beliau mengatakan  bahwa kegiatan Webinar Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis WA diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam Kegiatan Belajar Mengajar online atau daring, aplikasi WA sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, WA merupakan aplikasi yang lebih ringan tetapi mampu menyampaikan berbagai macam jenis materi  ataupun video pembelajaran di dalam group WA.

Kepala Cabang Penerbit Erlangga Kota Madiun, Alkatiri dalam inti sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan MTsN Kota Madiun selama ini. Beliau juga mengatakan bahwa Penerbit Erlangga tidak hanya menjual buku, tetapi sering bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan dan non pendidikan dalam berbagai macam pelatihan.

Puncak kegiatan Webinar Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis WA sebagai Learning Management System (LMS) bagi guru MTsN Kota Madiun  disampaikan oleh Rahmad Zakaria, Marketing Comunication dari Penerbit Erlangga. LMS adalah perangkat lunak (software/aplikasi) yang dapat membantu merencanakan, mengimplementasikan sebuah proses pembelajaran, memungkinkan guru untuk memanage, menyampaikan, dan memonitor para siswanya.memadukan antara kursus tradisional dengan media digital dan alat interaktif meliputi kursus online, virtual live sessions dan forum diskusi. Rahmad Zakaria juga menyapaikan materi kelebihan aplikasi WA dan memandu secara virtual praktek beberapa program di WA yang bisa digunakan dalam pembelajaran model daring. Peserta Webinar yakni guru MTsN Kota Madiun sangat antusias mengikuti kegiatan ini. (ers)