Info Sekolah
Senin, 27 Jun 2022
  • Situs sedang proses Maintenance sedang proses Building Mohon Maaf atas ketidaknyamanannya

Pramuka

Fenomena yang tampak pada anak didik sekarang ini adalah adanya kecenderungan perilaku menyimpang. Meskipun banyak pula yang pandai, santun, kreatif dan taat agama. Tetapi fenomena yang berkembang adalah kecenderungan untuk berperilaku menyimpang seperti pemakaian narkoba, pergaulan bebas mapun keterlibatan dalam tindak kejahatan dan kekerasan.

Untuk mengantisipasi atau meminimalkan perkembangan perilaku negative pada anak, banyak sekolah yang mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dimaksud sekolah ini untuk memyalurkan bakat dan minat siswa juga untuk mengarahkan energy siswa pada hal-hal yang positif.

Bentuk kegiatan ekstra beraneka ragam bidangnya. Ada bidang seni misalnya tarik suara, lukis, rebana, tari, atau seni bela diri.. Ada juga dibidang olah raga seperti basket, volley, sepak bola maupun atletik. Selain kedua bidang itu masih ada kegiatan ekstra lain misalnya pramuka, PMR, KIR atau paskibraka. Semua kegiatan ekstra itu bertujuan positif yaitu mengembangkan bakat dan minat siswa.

Madrasah merupakan salah satu lembaga penyelenggara kegiatan pembelajaran. Sebagai penyelenggara pendidikan tentunya segala kegiatanya mengacu pada aktifitas yang bertujuan untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada siswa. Untuk mencapai hal itu dilakukanlah kegiatan-kegiatan di madrasah, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Maura dari kedua kegiatan ini hanya satu yaitu untuk mengembangkan potensi pada anak agar lebih dewasa.

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MTsN Kota Madiun adalah kegiatan ekstra pramuka. Ekstra pramuka merupakan ekstra yang sifatnya wajib. Meskipun kegiatan ini hanya bersifat ekstra tetapi banyak hasil positif yang bisa rasakan dari kegiatan ini. Dalam kegiatan kepramukaan banyak aspek yangdikembangkan baik fisik mapun non fisik.

Dengan dasaritu maka sangat besar peranan kegiatan ekstra pramuka dalam mengembangkan potensi siswa. Karena pramuka bukan hanya identik dengan tepuk dan menyanyi tetapi lebih dari itu. Fisik dan mental juga menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kegiatan pramuka.